Lensa “Kelereng” untuk Smartphone Bisa Menjadi Pembunuh DSLR

Peneliti dari Universitas California, San Diego telah mengembangkan lensa wide-angle yang komponen-komponennya berukuran sepersepuluh dari komponen yang sama kuatnya. Sebuah lensa yang dapat digunakan di kamera-kamera smartphone ini dipercaya bisa fokus pada suatu objek sejauh 500 meter, sehingga membuatnya sekuat kamera SLR full-size.

lensa_kelerengContoh gambar yang disediakan oleh para peneliti menunjukkan kejelasan dari lensa tersebut. Dalam salah satu foto, sebuah papan berisi tulisan yang dipegang oleh seseorang di kejauhan terlihat dan dapat dibaca dengan jelas. Sedangkan pada objek yang sama dan diambil dengan lensa wide-angle tradisional, tulisan pada papan tersebut kabur dan tidak dapat dibaca.

Untuk menapai efek tersebut, para peneliti membuat sesuatu yang disebut fiber-coupled monocentric lens — sebuah lensa konsentrik, bulat dengan kulit kaca, mirip kelereng. Kesimetrian dan bentuk lensa memungkinkan kamera untuk menangkap gambar dengan resolusi tinggi yang hampir tidak ada distorsi, tidak seperti lensa fish-eye tradisional.

konvensional_vs_monosentrikNamun, para peneliti belum membahas bagaimana gambar-gambar yang memiliki resolusi besar yang diambil melalui lensa ini dapat disimpan di smartphone. Mengingat saat ini kebanyakan ponsel memiliki kapasitas penyimpanan yang kecil, sehingga bagi siapapun yang mengambil gambar resolusi ultra tinggi akan cepat kehabisan ruang. Pertimbangan akan keterbatasan ruang penyimpanan tersebut kemungkinan akan mempengaruhi produsen smartphone dalam mengadopsi teknologi baru ini.


Rujukan: Livescience



Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait