Hummingbird, Algoritma Pencarian Google Terbaru

HummingbirdDi ulang tahunnya yang ke-15, Google merombak algoritma dasar dari mesin pencarinya yang paling populer di internet. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kueri yang lebih kompleks dari para pengguna web. Perombakan yang dilakukan sebagai bagian dari pembaruan algoritma yang disebut “Hummingbird” itu sebenarnya telah dilakukan sejak satu bulan yang lalu.

Hummingbird merupakan perubahan besar-besaran pada mesin pencarian Google karena merevisi cara indeks situs web tiga tahun lalu sebagai bagian dari perancangan ulang yang disebut “Caffein”. Amit Singhal, wakil presiden untuk perusahaan, mengatakan bahwa perusahaan telah meluncurkan algoritma terbaru ini sejak satu bulan yang lalu dan saat ini telah mempengaruhi 90 persen dari hasil pencarian melalui Google.

Google saat ini mencoba untuk menjadikan penggunaan internet menjadi seimbang. Sebagai jawaban atas kueri penelusuran yang semakin rumit. Sistem “Boolean” atau kata kunci tradisional sudah tidak cocok lagi untuk mengatasi kebutuhan saat ini yang mencocokkan konsep dan arti selain kata-kata.

“Hummingbird merupakan upaya untuk mencocokkan arti dari berbagai kueri dengan dokumen yang ada di internet,” kata Singhal seperti dikutip dari Reuters.

“Perubahan perlu dilakukan, karena orang telah menjadi sangat bergantung kepada Google, di mana mereka sekarang secara rutin memasukkan kata-kata panjang di kotak pencarian, bukan hanya beberapa kata yang berhubungan dengan suatu topik tertentu,” ujar Singhal lagi seperti dikutip dari ABC News.

Perubahan yang dilakukan Google terhadap algoritmanya ini bisa berdampak besar bagi lalu lintas ke situs web. Seperti yang didiskusikan di sebuah forum di internet, banyak pengguna yang melaporkan bahwa situs web mereka mengalami penurunan kunjungan sampai 80 persen pada beberapa hari yang lalu. Namun belum diketahui secara pasti apakah hal itu akibat dari algoritma baru Google tersebut atau bukan.

Google mengumumkan mengenai pembaruan algoritmanya ini di Menlo Park, California, di mana Larry Page dan Sergey Brin memulai perusahaan ini 15 tahun yang lalu. Sebelum algoritma yang diberi nama “Hummingbird” ini diluncurkan, Google telah meluncurkan beberapa pembaruan algoritma seperti “Panda” dan “Penguin”. Algoritma baru Google “Hummingbird” tersebut berasal dari nama burung yang memiliki nama lain Kolibri dari famili Trochilidae.

Sebagai tambahan informasi, Google merayakan ulang tahunnya setiap tanggal 27 September setiap tahun, meskipun perusahaan ini telah berdiri beberapa minggu sebelumnya. Perusahaan ini sekarang berpusat di Mountain View, California.


Rujukan: Reuters dan ABC News, Sumber gambar: Wikimedia Commons, lisensi CC BY-SA 3.0



Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait