Inilah Beberapa Fitur Baru di Windows 8.1

Windows8.1Pada hari Rabu (26/06) kemarin, Microsoft merilis versi pratayang dari Windows 8.1 yang merupakan versi pembaruan dari Windows 8 yang dirilis pada bulan Oktober 2012 yang lalu. Jika dilihat sekilas, Windows 8.1 tidak berbeda jauh dengan Windows 8. Tampilan kotak-kotak yang sebelumnya sudah ada di Windows 8 masih dipertahankan. Microsoft nampaknya tidak merombak secara besar-besaran sistem operasi yang menuai banyak kritikan tersebut.

Windows 8.1 — yang versi finalnya akan dirilis tahun ini juga — mengalami perubahan-perubahan kecil. Salah satu di antaranya adalah hal yang paling banyak dikeluhkan oleh pengguna yaitu tombol Start yang muncul kembali di pembaruan ini. Tombol tersebut sebelumnya dihilangkan di Windows 8 dan menuai banyak kritikan dari para penggunanya. Fungsi utama tombol Start di Windows 8.1 ini adalah untuk menampilkan layar Start yang berbentuk kotak-kotak berisi aplikasi khas Windows 8 (UI Modern). Dengan kata lain, tombol Start yang baru ini membawa kembali semua fungsi dari tombol Start di Windows 7 namun dengan nuansa yang lebih modern ala Windows 8.

Fitur baru lainnya adalah tampilan Snap yang dapat digunakan lebih banyak dari sebelumnya. Tampilan Snap berfungsi untuk menjalankan aplikasi secara berdampingan di saat yang bersamaan. Pada Windows 8, tampilan Snap hanya dapat membelah layar menjadi dua secara berdampingan. Sementara itu, pada pembaruan Windows 8.1 ini tampilan Snap dapat membelah layar hingga delapan secara berdampingan. Namun, diperlukan resolusi monitor yang tinggi untuk menjalankan fitur ini — dua monitor dengan resolusi 2560 x 1600. Pada perangkat yang lebih kecil, misalnya Surface, tampilan Snap hanya dapat digunakan maksimal dua layar secara berdampingan. Tidak seperti Windows 8, tampilan Snap yang ada di Windows 8.1 ini tidak hanya menjalankan aplikasi kedua sebagai widget dengan tampilan kecil, namun besar-kecilnya layar dapat disesuaikan oleh pengguna. Tampilan Snap juga dapat bekerja secara otomatis di Windows 8.1. Misalnya, jika pengguna sedang membaca email dari aplikasi email dan mengklik sebuah tautan, maka pengguna tidak akan teralihkan dari apikasi email ke browser, namun secara otomatis layar akan terbelah menjadi dua dan Internet Explorer akan muncul tepat di samping aplikasi email.

Microsoft juga meningkatkan beberapa aplikasi miliknya di Windows 8.1 ini. Integrasi beberapa layanan milik Microsoft di Windows 8.1 ini dapat memudahkan pengguna dalam memakainya. Beberapa aplikasi tersebut misalnya adalah Aplikasi pencarian Bing, jika pengguna memasukkan nama seorang musisi di pencarian, maka tautan dan tombol putar untuk lagu dan album dari musisi tersebut juga diikutsertakan dalam hasil pencarian. Aplikasi lainnya adalah Skype, jika ada panggilan di Skype dan komputer terkunci, pengguna dapat langsung menjawabnya tanpa membukanya terlebih dahulu. Aplikasi penyimpanan awan SkyDrive juga mengalami peningkatan dan akan menjadi lebih erat hubungannya dengan Windows 8.1. SkyDrive tidak hanya membuat berkas-berkas yang ada di sana terlihat seperti di dalam Windows, akan tetapi juga tersinkronisasi ke dalam semua Windows milik pengguna.

Itu adalah beberapa perubahan-perubahan kecil yang dilakukan Microsoft. Beberapa perubahan yang sangat kecil juga diperhatikan oleh Microsoft di antaranya adalah personalisasi layar Start, di mana pengguna dapat memindahkan satu blok aplikasi sekaligus — sebelumnya hanya dapat dipindahkan satu-persatu. Selain itu juga terdapat perubahan-perubahan lainnya yang memudahkan pengguna.

Rilis pada hari Rabu kemarin adalah rilis pratayang untuk pengembang. Jadi, tidak menutup kemungkinan beberapa perubahan tambahan dilakukan Microsoft pada versi finalnya. Microsoft, dengan peluncuran Windows 8.1 ini, secara perlahan mendorong para penggunanya lebih dalam ke UI Modern-nya. Banyak sekali perubahan baru yang ada di Windows 8.1 ada di UI Modern-nya sehingga membuat UI Modern semakin menarik.


Sumber: CNN



Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait