Jawa Masuk dalam Lima Bahasa Baru Google Translate

Google Translate, mesin penerjemah Google, memperkenalkan lima bahasa baru di dalam layanannya. Bahasa baru tersebut melengkapi jumlah bahasa yang didukung oleh Google Translate menjadi 70 bahasa dari seluruh dunia. Sejak hari Rabu (8/5/2013), pengguna Google Translate dapat menerjemahkan lima bahasa tambahan tersebut.

Google-translateSeperti dilansir dari blog resminya, kelima bahasa tambahan tersebut dituturkan oleh lebih dari 183 juta orang di dunia. Berikut inilah kelima bahasa itu;

  • Bahasa Bosnia yang merupakan bahasa resmi di Bosnia dan Herzegovina yang juga dituturkan di negara-negara sekitarnya. Bahasa ini juga dituturkan di seluruh dunia oleh masyarakat diaspora. Penutur bahasa ini pada tahun 2008 antara 2,5 – 3,5 juta jiwa.
  • Bahasa Cebu yang dituturkan hampir 20 juta jiwa di Filiphina, khususnya di bagian tengah (Visaya/Bisaya) dan bagian selatan (Mindanao).
  • Bahasa Hmong yang dituturkan oleh masyarakat berbagai negara di seluruh dunia termasuk Tiongkok,Vietnam, Laos, Thailand, dan Amerika Serikat. Bahasa Hmong dituturkan oleh Suku Hmong, salah satu suku di pegunungan Tiongkok selatan dan Asia Tenggara. Pada tahun 2004, penutur bahasa Hmong diperkirakan sebanyak 2,6 juta jiwa.
  • Bahasa Jawa yang merupakan bahasa kedua dengan penutur terbanyak di Indonesia (setelah bahasa Indonesia). Bahasa Jawa juga dituturkan di berbagai belahan dunia, seperti Suriname, Malaysia, Belanda, dan berbagai negara lainnya. Penutur bahasa ini diperkirakan mencapai 83 juta jiwa.
  • Bahasa Marathi yang dituturkan di India dan memiliki 73 juta penutur. Saat ini, Google Translate telah mendukung beberapa bahasa daerah di India; bahasa Bengali, bahasa Gujarat, bahasa Hindi, bahasa Kannada, bahasa Tamil, bahasa Telugu, dan bahasa Urdu.

Selain bahasa Bosnia, dukungan bahasa-bahasa tersebut masih dalam versi “alpha”, yang berarti masih belum sempurna. Pihak Google Translate masih terus menguji dan meningkatkan bahasa-bahasa tersebut dari waktu ke waktu.

Berikut ini beberapa terjemahan dari kalimat “Google Translate now supports over 70 languages!” dalam lima bahasa tersebut:

Bahasa Bosnia: Google Prevodilac sada podržava više od 70 jezika!

Bahasa Cebu: Google sa Translate misuporta na karon sa kapin sa 70 ka mga!

Bahasa Hmong: Google Translate nim no txhawb nqa tshaj li 70 hom lus!

Bahasa Jawa: Google Translate saiki ndhukung luwih saka 70 basa!

Bahasa Marathi: Google अनुवाद आता 70 भाषांमध्ये समर्थन!


Referensi: The Official Google Translate Blog dan Wikipedia.



Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait