Domain “desa.id” Resmi Diluncurkan oleh PANDI

desa-idPengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) telah meluncurkan domain baru yang dikhususkan untuk entitas desa yang selama ini belum memiliki domain khusus. Domain itu adalah “desa.id” yang diluncurkan pada tanggal 1 Mei 2013. Desa-desa di seluruh Indonesia nantinya dapat menggunakan domain tersebut untuk websitenya.

Hal ini dilakukan karena di dalam peraturan menteri, domain “go.id” hanya dapat digunakan sampai level kota/kabupaten sehingga tidak dapat digunakan di tingkat yang lebih bawah dari itu. Domain “desa.id” merupakan usulan dari masyarakat kepada PANDI. Di antara yang mengusulkan adalah Relawan Pemberdayaan Desa Nusantara (RPDN) dan Gerakan Desa Membangun (GDM).

Sebelum diluncurkan, PANDI telah melakukan tahapan pra-registrasi untuk domain ini. Setidaknya terdapat 32 desa dari seluruh Indonesia yang telah mendaftarkan pada tahap pra-registrasi ini. Untuk ke-32 desa yang telah mendaftar tersebut harus mendaftarkan lagi ke salah satu registrar PANDI mulai tanggal 1-7 Mei 2013.

12 registrar PANDI

12 Registrar PANDI

Sebelumnya terdapat 10 domain “.id” yaitu; co.id, web.id, or.id, sch.id, ac.id, net.id, biz.id dan my.id yang dikelola oleh PANDI serta domain .go.id dan .mil.id yang dikelola oleh pemerintah. PANDI juga memiliki 12 registrar yang melayani pendaftaran domain “.id”. Registrar-registrar tersebut adalah: rumahweb, reseller.co.id, D-NET, INDOREG, registrindo, NAMA, belidomain.co.id, CBN Registrar, domainku.co.id, merekmu, radnet, dan INDOSAT M2.


Referensi: PANDI dan Liputan6. Gambar: desa.web.id dan PANDI



Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terbaru