10 Browser Internet Terbaik

Browser atau dalam bahasa Indonesia disebut peramban web merupakan suatu perangkat lunak yang sangat dibutuhkan pada masa modern ini untuk mengakses segala jenis informasi yang disediakan oleh server internet. Banyak sekali peramban yang tersedia di dunia maya. Dari sekian banyak peramban tersebut, berikut inilah 10 peramban terbaik versi anashir.com. Kesepuluh peramban berikut ini disediakan secara gratis.

1. Google Chrome

Google Chrome adalah peramban web yang dikembangkan oleh Google, Inc. yang berbasis pada Chromium yang merupakan proyek sumber terbuka. Google Chrome menggunakan WebKit sebagai mesin layoutnya. Peramban ini memiliki tampilan yang sederhana, sangat ringan dan mudah digunakan. Versi stabil dari browser ini adalah versi 21.0.1180.89 yang dirilis pada 29 Agustus 2012.

2. Mozilla Firefox

Mozilla Firefox adalah peramban web yang dikembangkan oleh Mozilla Foundation yang memiliki nama awal Phoenix dan berubah untuk sementara menjadi Mozilla Firebird. Firefox menggunakan Gecko sebagai mesin layout-nya. Semenjak rilis versi yang ke-4 (Firefox 4), browser ini menyajikan tampilan yang sederhana yang hampir mirip dengan chrome. Versi stabil browser ini adalah 15.0.1yang rilis pada 6 September 2012.

3. Internet Explorer

Internet Explorer adalah peramban web yang dikembangkan oleh Microsoft Corporation. Peramban ini menggunakan Trident sebagai mesin layout-nya. Internet Explorer termasuk dalam bagian sistem operasi Windows dan terdapat dalam setiap paketnya. Versi terbarunya adalah Internet Explorer 9 (IE9) dengan versi stabil terakhirnya yaitu versi 9.0.10 yang dirilis pada tanggal 21 September 2012.

4. Opera

Opera adalah peramban web yang dikembangkan oleh Opera Software. Peramban ini menggunakan Presto sebagai mesin layout-nya. Opera memiliki fitur-fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan browser lainnya. Opera memiliki banyak varian browser, di antaranya Opera Mobile dan Opera Mini yang beroperasi di perangkat seluler. Versi stabil Opera yaitu12.02 yang dirilis pada 30 Agustus 2012.

5. Safari

Safari adalah peramban web yang dikembangkan oleh Apple, Inc. Peramban ini menggunakan WebKit sebagai mesin layout-nya, sama seperti Google Chrome. Fitur-fitur di Safari hampir sama dengan peramban lainnya. Safari juga terdapat di perangkat telepon seluler cerdas (smartphone) seperti iPhone yang merupakan ponsel buatan Apple Inc. Versi stabil dari Safari adalah versi 6.0 yang dirilis pada 25 Juli 2012.

6. Maxthon

Maxthon adalah peramban web yang dikembangkan oleh Maxthon International Limited. Maxthon merupakan peramban yang kaya akan fitur. Peramban ini mendukung dua buah mesin layout yaitu WebKit dan Trident selain itu juga mendukung sebagian mesin Gecko. Maxthon juga mendukung penggunaan di perangkat seluler seperti iPhone, iPad, dan Android. Versi rilis stabilnya yaitu versi 3.4.5.1000 yang dirilis pada 13 September 2012.

7. RockMelt

RockMelt adalah peramban web yang dikembangkan oleh Tim Howes dan Eric Vishria. RockMelt berbasis chromium dan menggunakan mesin layout WebKit, sama seperti Google Chrome. Tampilan RockMelt mirip dengan Google Chrome dengan sedikit perubahan seperti penambahan fitur jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter. Sosial Media merupakan fitur utama yang ditawarkan RockMelt sehingga membuat peramban ini tampil beda dibandingkan dengan lainnya.

8. SeeMonkey

SeaMonkey adalah internet suite yang dikembangkan oleh SeaMonkey Council yang sebelumnya bernama Mozilla Application Suite. Internet suite merupakan gabungan antara peramban, email client, download manager, HTML editor, dan IRC client. SeaMonkey sebelumnya dikembangkan oleh Mozilla sebelum akhirnya dihentikan. SeaMonkey menggunakan mesin layout Gecko seperti halnya Firefox. Versi stabilnya adalah versi 2.12.1 yang dirilis pada 10 September 2012.

9. Avant Browser

Avant Browser adalah peramban web yang dikembangkan oleh Avant Force. Avant menggunakan mesin layout Trident seperti yang dipakai IE. Mulai rilis Avant versi 2012 (rilis Oktober 2011) peramban ini menambahkan mesin layout Gecko seperti halnya Firefox dan pada saat rilis bulan April 2012 ditambahkan pula mesin layout WebKit seperti yang dipakai Google Chrome dan Safari. Versi stabilnya adalah versi 2012 build 181 yang dirilis pada 28 Agustus 2012.

10. Pale Moon

Pale Moon adalah peramban web yang dikembangkan oleh M. C. Straver. Pale moon berbasiskan Mozilla Firefox dan menggunakan mesin layout Gecko. Walaupun berbasiskan Firefox, Pale Moon tetap berbeda dalam beberapa konsep seperti optimisasi performa dan dukungan perangkat keras (hardware). Terdapat dua versi dalam versi stabilnya yaitu versi 3.6.32 yang dirilis pada 5 Juni 2012 dan versi 15.1.1 yang dirilis pada 20 September 2012.


Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terkait