Google Earth Mengabadikan Pasar Malam Ponorogo

Kabupaten Ponorogo yang terkenal dengan seni reognya memiliki tradisi setiap tahunnya, yaitu pasar malam yang diadakan di alun-alun kota. Pasar malam tersebut digelar beberapa hari menjelang Muharram (Suro) sampai beberapa hari setelahnya, dan beberapa hari menjelang lebaran sampai beberapa hari setelahnya. Pada hari-hari tersebut, alun-alun kota selalu dipadati para penjual, baik itu penjual barang maupun jasa. Beberapa tenda didirikan di alun-alun tersebut. Beberapa pedagang menjual souvenir khas Ponorogo atau souvenir lainnya, makanan, dan berbagai barang lainnya yang dijual di pasar malam ini. Selain itu juga terdapat permainan seperti komidi putar, kereta wisata dan sebagainya.

Pada tahun 2011 Google Earth mengabadikan aktivitas tersebut. Di citra satelit Google Earth dengan tanggal pencitraan 29 Agustus 2011, alun-alun dipenuhi oleh tenda para penjual di pasar malam. Seperti diketahui, tanggal itu adalah H-2 lebaran yang jatuh pada tanggal 31 Agustus 2011. Jadi, citra satelit tersebut diambil menjelang lebaran. Berikut ini adalah screenshot dari Google Earth yang mengabadikan peristiwa tersebut.

Citra Google Earth Tahun 2011

Citra tersebut berbanding terbalik dengan citra Google Earth tanggal 2 Agustus 2010, di mana alun-alun terlihat sepi. Berikut ini adalah screenshot Google Earth tahun 2010.

Citra Google Earth Tahun 2010


Teks dari artikel di atas memakai Lisensi CC BY-SA. Sertakan tautan postingan ini jika Anda mengutip, menyalin, mendistribusikan, dan/atau menampilkan sebagian/keseluruhan dari teks di atas.

Bagikan ke:

Tulisan Terbaru